Soal Virus Corona, Ketua DPR Puan Maharani Imbau Masyarakat Tidak Panik

JAKARTA – Ketua DPR, Puan Maharani mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan mengikuti prosedur medis dalam menyikapi penyebaran virus Corona (2019-nCov) yang kian meluas sampai ke Singapura dan Malaysia yang bertetangga dengan Indonesia.

Masyarakat jangan panik, ikuti prosedur pencegahan dan penanganan yang disarankan petugas kesehatan,” ujar Puan Seperti diwartakan sindonews.com

KLIK BERBAYAR

Puan menuturkan, untuk mengatasi kesimpangsiuran informasi, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) perlu membuat pernyataan tentang data sebenarnya, sekaligus meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah tengah bekerja untuk mencegah masuknya virus yang telah menewaskan 56 orang itu

Baca Juga  Puan Maharani Kecewa dengan Kinerja BPJS Kesehatan

DPR meminta pemerintah meningkatkan kewaspadaan, tidak bertindak business as usual terhadap isu virus ini. Upaya pencegahan harus dimaksimalkan, termasuk memastikan persiapan maksimal alat dan tenaga medis kita,” pintanya.

Kemudian, Ketua DPP PDIP ini melanjutkan Kemenkes bersama instansi terkait perlu menjelaskan protokol-protokol pencegahan virus Corona masuk ke wilayah Indonesia serta, cara penanggulangannya bila virus itu sudah masuk ke Indonesia.

Baca Juga  Presiden Jokowi Perintahkan Segera Evakuasi WNI di Provinsi Hubei

Lebih dari itu, mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu menambahkan, pemerintah harus segera menyusun dan mensosialisasikan langkah-langkah pencegahan dan penanganan virus corona ke pemerintah daerah (pemda) sesuai protokol pencegahan dan penanganan nasional, mengingat banyaknya warga/turis dari negara-negara yang sudah mengidentifikasi kasus virus Corona yang masuk ke daerah-daerah di Indonesia.

Baca Juga  Ganjar Resmikan MTs Alkhairaat Bantuan Masyarakat Jateng

“Protokol pencegahan termasuk ditinjau apakah perlu atau dalam kondisi apa dianggap perlu ada larangan bagi warga/orang yang baru mengunjungi China agar dilarang masuk wilayah RI untuk sementara,” terangnya.

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Pemerintah Upayakan Perlindungan bagi WNI di Wuhan

Sen Jan 27 , 2020
Jakarta – Pemerintah berupaya keras untuk memberikan perlindungan dan mencukupi kebutuhan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang saat ini masih berada di Wuhan, Tiongkok. Presiden Joko Widodo yang juga memantau perkembangan wabah korona baik di Indonesia maupun di Tiongkok sendiri mengatakan bahwa pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang berada […]