Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 Jangan Sampai Terlewat!

Usai Hari Natal, ada fenomena alam akbar yang akan terjadi di Indonesia. Gerhana Matahari Cincin akan terjadi pada 26 Desember 2019.

Peneliti Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN Dr Johan Muhammad menjelaskan dalam video resmi LAPAN di YouTube bahwa Gerhana Matahari Cincin akan terjadi di Indonesia pada Kamis, 26 Desember 2019

Dalam penjelasan animasi perjalanan Gerhana Matahari Cincin 2019, tampak kalau seluruh Indonesia dilewati oleh gerhana ini. Namun, intensitas gerhananya berbeda-beda.

KLIK BERBAYAR

Yang mendapatkan 100 persen gerhana adalah Padang Sidempuan, Sibolga, Siak, Kepulauan Riau dan Singkawang. Kota-kota besar lain seperti Banda Aceh Medan, Padang dan Pontianak mendapatkan 90 persen.

Sedangkan Pulau Jawa seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya mendapatkan kegelapan 70 persen, pun demikian dengan Makassar. Kawasan Indonesia Timur hanya merasakan 50 persen seperti di Jayapura dan Merauke, demikian data dari NASA GSFC dan Pussainsa LAPAN.

Baca Juga  Beberapa Tips Memilih Laptop untuk Video Editing

Apa itu Gerhana Matahari Cincin? Berbeda dengan Gerhana Matahari Total di mana Bulan menutupi Matahari secara sempurna, maka saat Gerhana Matahari Cincin, satelit alami milik Bumi tersebut tidak sepenuhnya menghalangi Matahari.

Ini terjadi karena posisi orbit Bulan sedang berada jauh dari Bumi. Akibatnya, gerhana memunculkan bentuk serupa cincin di sekeliling Bulan yang sedang menghalangi matahari.

Nah, catat waktunya nih. Berikut tahapan terjadinya gerhana matahari cincin di Indonesia seperti yang disampaikan LAPAN:

Mulai gerhana sebagian 10:22:38 WIB
Mulai gerhana cincin 12:15:54 WIB
Puncak gerhana cincin 12:17:43 WIB
Gerhana cincin berakhir 12:19:33 WIB
Akhir gerhana sebagian 14:13:52 WIB

Baca Juga  Bubarkan OJK Trending di Linimasa TWITTER

Sumber : Detik.com

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Berikut 7 Manfaat Naik Turun Tangga untuk Kesehatan

Rab Des 18 , 2019
Gaya hidup sedentary (di mana seseorang kurang melakukan aktivitas fisik) membuat banyak orang lebih memilih untuk menggunakan eskalator atau lift dibandingkan tangga saat berada di fasilitas umum. Padahal, membiasakan diri naik turun tangga ternyata dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Terlebih, naik turun tangga bisa menjadi cara efektif guna mengganti […]