Berikut Ini Adalah Perbedaan Web Designer dan Web Developer.

Tekno – Karir di dunia IT semakin lama semakin menjanjikan, bahkan dalam 10 tahun terakhir banyak diminati karena menawarkan pendapatan yang tidak main-main.

Salah satu bidang yang sangat banyak diminati adalah menjadi seorang ahli website. Eit tapi tunggu dulu nih, sebelum kamu memutuskan mau masuk ke dunia web, kamu tentuin dulu mau jadi Web Designer atau Web Developer?

KLIK BERBAYAR

Web Developer

Adalah seorang programmer yang bertanggung jawab dalam pengembangan sebuah website baik dari sisi client dan server. Orang ini yang akan coding sebuah website dari segi tampilan maupun fungsinya sesuai dengan yang diinginkan pemesan (klien).

Baca Juga  Cek Harga iPhone Terbaru Tahun 2020.

Oleh karena itu, seorang web designer biasanya hanya berfokus pada beberapa bahasa pemrograman seperti PHP, CSS, HTML dan menguasai framework seperti Codeigniter, Laravel, Yii, dll.

Nah, karena tanggung jawabnya ada dua yaitu sisi client dan sisi server, maka web developer juga kadang ada yang berfokus hanya di salah satu sisi.

Baca Juga  Beberapa Tips Memilih Laptop untuk Video Editing

Frontend Developer

Adalah rule seorang developer yang berkaitan dengan tampilan sebuah situs atau bisa dikatakan bagian dari website yang terlihat oleh user sehingga akan banyak berkutat dengan coding desain seperti penggunaan HTML, CSS, dan Javascript, dll.

Web Designer

Adalah seorang yang bertanggung jawab terhadap layout website agar secara visual memuaskan pengunjung dan juga mempertahankan mereka selama mungkin di website. Ada 2 rule di web designer yaitu.

Baca Juga  Spesifikasi Lengkap Dan Harga Redmi Note 8 dan Note 8 Pro di Indonesia.

User Interface (UI) Designer

Adalah peran seorang web designer yang bertanggung jawab di sisi bagaimana website berinteraksi dengan pengguna. Misalnya merancang bagaimana “flow” seorang pengguna yang berinteraksi dengan form login.

User Experience (UX) Designer

Adalah peran seorang web designer yang bertanggung jawab dari sisi bagaimana website bisa membuat penggunanya “engage” ke dalam penggunaan sebuah website. Untuk mencapai tujuannya, seorang UX designer sering melakukan riset tentang pengguna dalam pemakaian sebuah fungsi di website.

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Ganjar Pranowo Menargetkan, Seluruh Daerah Di Jateng Memiliki Mall Pelayanan Publik Tahun Depan

Ming Jan 26 , 2020
Jawa Tengah – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menargetkan tahun depan semua daerah di Jawa Tengah (Jateng) memiliki Mall Pelayanan Publik. “Daerah mesti inisiatif. Nanti kami buat surat edaran kepada bupati/wali kota. Perencanaan pembangunan harus dimulai tahun depan,” kata Ganjar, seperti dalam keterangan tertulisnya. Mall Pelayanan Publik adalah inovasi untuk […]