Wujudkan 3 Resolusi Keuangan Ini Biar Kamu Makin Banyak Duit Di Tahun 2020.

Bisnis – Waktu cepat bergulir dan akhir tahun pun tiba. Sebelum menyongsong tahun yang baru, tak ada salahnya kamu memutar memori sejenak. Mengingat kembali banyak hal yang telah kamu lakukan, dicapai, dan belum terealisasi.

Eh, tapi ini bukan cuma mengingat kenangan mantan ya. Flashback lebih kepada kondisi keuanganmu sepanjang tahun 2019. Sederhana saja, tanyakan beberapa hal pada dirimu. Apakah keuanganmu sudah sehat? Apa kamu sudah punya tabungan dan investasi? Kalau kamu punya utang, apa masih dalam batas yang wajar, yakni 30% dari total penghasilan bulanan?

KLIK BERBAYAR

Jika hasil throwback mengecek kembali kondisi keuanganmu menunjukkan pada level kurang baik, tak perlu kecewa. Nasi sudah menjadi bubur, penyesalan pun tiada guna. Saatnya move on, memperbaiki keadaan finansialmu di tahun 2020.

Baca Juga  Aksi Menteri Keuangan Sri Mulyani Bongkar Penyelundupan Motor dan Mobil Mewah

Jangan cuma mau bilang berubah alias move on, tapi tidak melakukan aksi nyata. Urusan duit harus tetap semangat, agar kamu bisa meraih sukses dalam hal keuangan. Salah satu caranya membuat resolusi keuangan. Berikut tiga ide resolusi keuangan yang bisa kamu tiru:

Mulai Investasi

Kamu pasti sering mendengar kalimat motivasi ini, “investasi akan membuat aset bertumbuh tanpa khawatir tergerus inflasi.” Itu benar. Faktanya investasi di pasar modal, seperti saham dan reksa dana memiliki imbal hasil (return) yang jauh lebih menguntungkan ketimbang menyimpan uang di bank (menabung dan deposito).

Miliki Penghasilan Tambahan.

Resolusi keuangan kedua yang bisa bikin kamu banyak uang adalah dengan menambah pundi-pundi pemasukan. Saatnya think creative, kamu bisa mengubah hobimu menjadi uang. Alternatif penghasilan tambahan bisa diperoleh dari menjadi freelancer, youtuber, guru les, reseller, driver online atau mulai bisnis online kecil-kecilan.

Baca Juga  Investasi di Daerah Belum Merata, Apa Penyebabnya?

Sekarang ini, ada banyak platform online yang dapat mewujudkan mimpi di atas. Menemukan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan passion. Kamu bisa tetap happy ketika menjalaninya.

Mulai Batasi Pengeluaran Kecil

Coba cermati lagi sudah berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk pengeluaran kecil yang sifatnya rutin, tapi sebenarnya tidak terlalu penting? Misalnya jajan kopi, beli air mineral, belanja cemilan, beli rokok setiap hari, biaya transportasi online, hingga biaya transfer antar bank.

Baca Juga  Cek Harga BBM Pertamina hingga Shell Hari Ini, Siapa Paling Murah?

Keuangan Lebih Baik dengan Investasi

Banyak orang menunda-nunda untuk investasi, padahal investasi menjadi kunci agar aset yang dimiliki bisa terus bertumbuh tanpa khawatir tergerus inflasi yang tinggi. Investasi saham dan reksa dana dalam jangka panjang, disertai dengan disiplin dan pengelolaan investasi yang tepat, akan membuatmu punya banyak uang di masa depan.

Jadi pastikan investasi menjadi resolusi keuanganmu di tahun baru nanti. Tak perlu banyak mikir, praktik saja langsung sebab investasi jadi mudah dan terjangkau melalui platform IPOT. Jangan lupa, terus perbanyak investasimu dan tingkatkan ilmu agar kamu makin ‘piawai’ dalam membuat keputusan dan strategi investasi yang tepat.

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Hal - Hal Sepele Yang Perlu Diperhatikan Peserta Tes CPNS.

Ming Jan 26 , 2020
Jakarta – Seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai digelar Senin depan (27/1/2020). Peserta diminta untuk menyiapkan diri dengan menjaga kesehatan dan mempelajari poin-poin tes yang akan diberikan. Plt Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengungkapkan sebelum melaksanakan tes CPNS, peserta diharapkan sudah mempersiapkan diri […]