Sri Mulyani Minta Pengusaha Bujuk DPR Ketok Omnibus Law Perpajakan

Jakarta – Rancangan Undang-undang (RUU) omnibus law perpajakan telah disampaikan pemerintah ke DPR RI. RUU yang masuk Prolegnas tersebut tinggal menunggu peresmian hingga dapat diterapkan.

Saat menyampaikan insentif yang akan diterima pengusaha dalam RUU tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak pengusaha untuk membujuk DPR segera mengesahkan ke dalam UU.

KLIK BERBAYAR

“(Diterapkan) ya sesudah UU di-approve. Yang penting sekarang di-approve dulu. Kita sudah sampaikan ke DPR. Makanya pengusaha cepatlah bilang sama DPR, cepat…,” kata Sri Mulyani dalam Business Gathering di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Menteri Keuangan Sri Mulyani, Foto/Detik.com

Guyonan Sri Mulyani itu disambut tawaan 1.200 pengusaha yang hadir. Faktanya, omnibus law perpajakan ini memang ditunggu-tunggu para pengusaha. Bagaimana tidak? Omnibus law ini bahkan diprediksi mengurangi penerimaan pajak negara hingga Rp 86 triliun.

Baca Juga  Harga Pertamax Turun Lagi, Cek Daftarnya di Sini :

Dengan semangat, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu pun membeberkan insentif pajak dalam RUU tersebut.

“Kita mau menurunkan corporate income tax (Pajak penghasilan badan). Jadi supaya tidak shock di APBN kami menurunkan bertahap. Sekarang kan 25%, untuk corporate income tax kita turunkan ke 22% mulai 2021. Kalau UU disetujui DPR sekarang. Jadi tahun depan 22%, dan 2023 ke 20%,” imbuh dia.

Baca Juga  Jasa Trending Topik Twitter Indonesia

Kemudian, pihaknya menghapus PPH untuk dividen dari dalam negeri.

“Lalu kita menghapus PPh atas dividen dari dalam negeri. Yeeee!” ungkap Sri Mulyani disambut tepuk tangan hadirin.

Lalu pihaknya juga akan menghapus PPH atas dividen dari luar negeri, asal biaya yang dibebaskan dari pajak dividen itu diinvestasikan di Indonesia.

“Untuk penghasilan tertentu termasuk dividen yang berasal dari luar negeri, dan saya tahu bapak ibu punya perusahaan di luar. Kalau dapat dividen yang dari luar negeri kita tidak kenakan PPH asal diinvestasikan. Iya dong, masa nggak diinvestasikan?” tutupnya.

Baca Juga  Erick Thohir Mau Rombak Pejabat Bank BUMN Lagi?

Sumber Artikel : Detik.com

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Demi RI, Sri Mulyani Minta Pengusaha Jangan Tunda Bayar Pajak

Sab Feb 8 , 2020
Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan para pengusaha agar tidak lupa membayarkan kewajiban perpajakannya baik untuk pribadi maupun perusahaan. Bila perlu pembayaran bisa dilakukan sejak saat ini sehingga pada waktunya nanti tidak buru-buru. Hal ini disampaikan Sri Mulyani dalam acara business gathering yang dihadiri sekitar 1000 pengusaha yang […]